Bagimana Mengatasi Stress Saat Sedang Physical Distancing?



Stress bisa muncul meskipun kita sedang sendiri atau sedang dalam situasi physical distancing,  stress tersebut dapat berupa tidak bisa berkumpul dengan keluarga tercinta, kelelahan karena harus membalance pekerjaan rumah dan pekerjaan profesi, atau bisa juga karena faktor pikiran berupa pikiran negatif terhadap apa yang mampu dilakukan oleh corona. Berikut merupakan hal-hal yang bisa dilakukan jika anda terserang stress karena physical distancing (tips ini dikutip dari buku hello stress, karya meilani haryono)

1. Relaksasi pikiran dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan


Kegiatan menyenangkan itu adalah menonton, membaca buku, melakukan hobimu, dan juga melakukan perawatan. Sekarang sudah banyak situs streaming online yang bisa kita gunakan untuk menonton film apa saja yang kita suka, seperti viu.com, netflix.com, hooq.tv, dll. Begitu juga dengan buku, sudah banyak situs-situs online yang menyediakan buku gratis, seperti booksc.org, Gutenberg.org, openlibrary.org, oapen.org, acehbooks.org, literature.org, feedbooks.com, dan archive.org.

Perawatan diri tak mesti dilakukan di salon kecantikan, kita juga dapat melakukannya di rumah. Seperti  berendam pada air hangat yang bercampur dengan aromateraphy, menggunakan masker, luluran, dll.


   2. Menutrisi tubuh dengan makanan sehat


Saat anda stress, ada beberapa makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Makanan yang boleh dikonsumsi adalah makanan yang mengandung protein  karena dapat membantu membentuk jaringan tubuh, makanan yang mengandung magnesium karena dapat membantu menenangkan otot dan detak jantung, makanan yang mengandung vitamin c karena dapat membantu menurunkan hormon kortisol yang merupakan hormon stress, dan makanan yang mengandung vitamin B karena dapat mengatur sistem saraf dalam menghadapi stress.

Makanan yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung gula berlebih karena bisa menyebabkan tubuh lemas, makanan yang mengandung lemak berlebih karena dapat menganggu jantung, dan minuman beralcohol dan kafein  karena dapat meninggikan hormone adrenalin yang dapat menyebabkan tubuh gelisah, cemas, dan insomnia.

   3.  Berolahraga
Berolahraga dapat memperbaiki mood dan menghilangkan rasa cemas, kita dapat melakukannya setiap 10-30 menit perhari. Ada beberapa olahraga yang dapat dilakukan, namun karena kita sedang dalam physical distancing, pilihlah olahraga yang bisa dilakukan di rumah seperti yoga.

yoga dapat membantuk melepaskan ketagangan otot,  menambahkan ketenangan, dan juga menerunkan level hormone kortisol. Ada beberapa posisi yoga sederhana yang bisa kita lakukan seperti legs up the wall pose (berbaring sambil menaikkan kaki ke dinding selama 5 menit), atau bisa juga easy pose (duduk bersila sambil menelungkupkan tangan di atas lutus selama 1 menit).



   4. Melakukan hubungan sosial secara virtual

Meskipun karantina, bukan berarti kita mengisolisasikan seluruh hubungan sosial. Anda bisa tetap melakukan video conference bersama kawan-kawan, dan keluarga. Saat melakukan video conference, usahakan tidak hanya menceritakan perasaanmu kepada mereka, tapi juga mendengarkan curhatan mereka karena dukungan sosial dibutuhkan oleh semua orang.

5. Membuat gratitude journal


Gratitude journal meruapakan diari yang kita gunakan untuk menulis seluruh kesenangan dan keberhasilan yang kita alami, hal ini dilakukan agar kita bisa mengingat bahwa kehidupan yang kita alami tadi sangat baik dan tidak dipenuhi dengan rasa menyesal atau pikiran buruk lainnya.

Gratitude journal dapat dilakukan sebelum tidur, tulislah perasaanmu pada hal-hal yang kamu alami dari bangun tidur sampai ingin tidur kembali. Tulislah hal yang menyenangkan saja, agar nanti saat kamu sedang di hadapi dengan stress yang berat, kamu bisa membuka kembali gratitude journal mu untuk melihat keberhasilan dan kebahagiaan yang terjadi dalam hidupmu.


   6. Membuat worry box

Worry Box merupakan kotak yang kita gunakan untuk memasukkan kertas-kertas yang berisikan kegelisahan kita. Kamu bisa menggunakan kotak apa saja untuk wadah Worry Box, tulislah semua kegelisahanmu pada suatu kertas, dan masukkan ke dalam kotak tersebut. buanglah isi Worry  Box itu secara berkala, bisa perminggu, atau perbulan.
Kamu bisa lansung membuangnya, atau membaca dulu kumpulan kertas Worry Box mu. Saat membacanya, kamu bisa lansung sadar kalau kekhawatiranmu saat itu ternyata tidak sebesar yang kamu pikirkan.



   7. Mencari motivasi harian
Motivasi harian ini merupakan tips yang saya dapatkan dari Oprah winfrey. Selain worry box, kita juga dapat membuat motivation box. Motivation box inilah yang digunakan oleh Oprah Winfrey dalam membuang stress sehari-harinya. Didalam kotak ini terdapat 365 kata-kata mutiara yang dituliskan di atas kertas, oprah akan mengambil 3 kata-kata mutiara untuk diterapkannya perhari. Hal ini dilakukan agar kita lebih berfokus pada tujuan yang lebih baik dalam menjalankan aktivitas harian kita.


Comments

Popular Posts