Everything I want to Learn from Iman Usman is in this Book (Review Buku Masih Belajar Karya Iman Usman)



  1. Perspective about how to be fruitful


Iman usman yang kita lihat sekarang terbentuk berdasarkan misi hidupnya, dan salah satu misinya adalah untuk menjadi buah bukan untuk tidak menjadi benalu. Orang yang sering saya jumpai lebih memfokuskan diri mereka agar tidak menjadi benalu, menjadi buah bukanlah suatu visi yang menarik bagi orang-orang ini, makanya mereka terbentuk menjadi orang yang biasa-biasa saja (guru yang hanya berpikir tentang gaji mereka, pengusaha yang hanya berpikir tentang keuntungan mereka, ya mereka disitu-situ aja, pada kehidupan untuk tidak menjadi benalunya).

Ada dua nasihat yang bisa saya ambil dari kak iman mengenai pola pikir:
a. Think about who you want to be not what you want to be

kamu ingin menjadi guru, terus guru seperti apa yang kamu inginkan, apakah guru yang punya moral compass untuk terus maju, atau guru yang monoton dan membosankan

b. Your goals can be achieved with the help of other people not by yourself (so help people to grow so that you can grow as well)


    tujuan hidup kamu itu dapat dicapai dengan bantuan orang lain

     2. Do You Know That You Are Responsible For Your Own Future?


Segala tindakan kamu sekarang itu akan menentukan masa depan kamu, maka dari itu mula dari sekarang, jalani rumus dibawah ini:

a.    Cari tahu kamu ingin menjadi SIAPA (set your goals and set your value).
b.    Cari tahu apa yang harus kamu LAKUKAN (set the goals and how to achieve it.
c. Jangan salahkan orang lain jika kamu gagal (but accept+evaluate+iterate).
d.   Jujur pada diri sendiri (be accountable and evaluate your weakness and failure.
e.    you decide, you have many choices, to be happy, to be sad, to be rich, poor, ignorant, or else.

saya menyebutnya 5 step to be success from Kak Iman


3. Pelajaran tentang menghadapi kekalahan atau Rejection

Saya sangat suka bab ini.

Kak iman tidak hanya mempaparkan tips-tips mengenai bagaimana menghadapi kekalahan, tapi juga tiga kisah kekalahannya yang akhirnya menjadi kisah kesuksesannya. Kak iman mengkaitkan bagaimana suatu kekalahan merupakan titik balik dari suatu kesuksesan. 

Contohnya, kisah bagaimana dia di bully saat mencalonkan dirinya sebagai ketua OSIS, kak iman yang sedang berbicara di atas panggung dilempari sampah oleh kawan-kawannya, kemudian karena kegagalan inilah, kak iman kemudian mulai berlatih lebih dalam tentang public speakingnya, sehingga ia mendapat kesempatan untuk berbicara di majelis umum pbb, how great is that! Kalau kak Iman tidak kalah menjadi ketua osis saat smp, mungkin kak iman tidak bisa berbicara di majelis umum karena sudah duluan SUKSES. Begitulah suatu kisah TITIK BALIK KEKALAHAN DARI KAK IMAN.

mungkin kawan-kawan boleh nonton video ini untuk mengetahui detail kisahnya


4. Masa kecilmu adalah Masa Keemasanmu

Bab masa kecil kak Iman dinamakan akar, karena akar merupakan bagian vital dari pohon, dan masa kecil merupakan bagian vital dari sebuah pertumbuhan. Pada bab akar ini, gua belajar kalau kak iman dari kecil itu memang sudah independen, kreatif, dan pekerja keras. Kan iman merangkum 3 hal yang sudah di ajarkan oleh orang tuanya saat kecil.
1.     Tanggung jawab 
kak iman bertanggung jawab pada semua fasilitas yang ia pakai, karena untuk mendapatkannya saja, ia harus bekerja keras, contohnya ingin pasang wifi dirumahnya, orang tuanya hanya bisa membayar setengahnya, sedangkan setengahnya lagi kaki man harus mencari cara sendiri, saat itulah ia berpikir untuk membuka toko online merchandise Harry Potter, uang yang didapatkannya bahkan lebih untuk memasang wifi.


2.    Trust 
Orang tua kak iman percaya dengan pilihannya kak iman, dan menurut kak iman kepercayaan orang tua bukan sesuatu yang kita bisa taken for granted, kita harus bisa menjaganya untuk pilihan bijak selanjutnya.

3.    Independence
If you want something, then you work for it.
Salah satu ceritanya adalah saat kak iman ingin pergi ke luar negeri untuk konferensi, kak iman harus mencari sponsor agar bisa dibiayai, memang sponsor itu adalah kenalan mamanya kak iman, tapi saat meeting dengan pihak sponsor, kak iman tidak meminta untuk ditemani oleh mamanya.


5. "Batang itu Tumbuh ke Atas”
Banyak kali tips-tips dan pelajaran yang bisa saya aplikasikan dari bab batang ini, saya memang tidak bisa menjadi kak imam, tapi saya bisa evaluate value of lifenya kak iman, dan kemudian, mengaplikasikan dalam kehidupan saya sendiri, statement ini juga dari kak iman, hahaha
pelajaran pertama: kenapa lo ngan bisa berkembang?

“kamu itu cerminan dari lima orang terdekat”

Disini kak iman menekankan bagaimana lingkungan/orang yang selalu bersama kita itu akan menentukan tingkat perkembangan kehidupan kita, berikut tips mencari lingkungan secara efektif dari kak iman:

1.     Jangan jadikan lingkungan yang kamu tinggali sekarang sebagai alasan kamu terburuk atau terbelakang, jika orang tua kamu tidak membiarkan kamu meraih impian yang kamu inginkan, jangan menyerah, instead, kamu perlu menjelaskan secara penuh agar mereka merasa nyaman dan aman dengan pilihan yang kamu pilih.
2.    Pilihlah apa yang perlu kamu dengar, kita harus bisa memilih mana komentar yang substance (penuh dengan isi), dan komentar yang hanya noise.
3.    Carilah lingkungan yang mendukung impianmu, jika lingkungan itu tidak mendukung impian kamu, tinggalkan lingkungan itu.

Pelajaran kedua: jika lo tidak termotivasi, apa yang harus lo lakukan?

Kamu harus melakukan ke dua hal ini pada aktivitas yang sedang kamu kerjakan, yang pertama adalah: MENCINTAI pekerjaan yang kamu lakukan karena kamu tahu bahwa apa yang kamu kerjakan sekarang bukan hanya semata-mata untuk mendapatkan keuntungan pribadi, tapi nasib semua orang tergantung pada hal itu, yang kedua adalah MENUMBUHKAN RASA KEPEMILIKAN pada pekerjaan tersebut, kamu harus menganggap kalau kegiatan yang kamu lakukan itu adalah milik kamu, maka dari itu kamu harus merawatnya.

Pelajaran ketiga: Hasrat belajar kak iman itu sangat tinggi

Kak Iman bela-belain untuk pergi ke hotel atau bandara hanya untuk mencari bule, hal ini dilakukan agar kak iman bisa practicing dan mengasah kemampuan bahasa inggrisnya. 


Motivasi belajar kaki man itu sudah menjadi motivasi intrinsik dimana kak iman memandang belajar itu merupakan salah satu wahana agar kak iman bisa naik level kemampuan atau pengetahuan diantara masyarakat, kemudian kak iman sangat suka menggali potensi, bakat, dan minatnya dengan cara mengikuti berbagai lomba dan organisasi.

Pelajaran Ke-empat:Jika lo ngak termotivasi untuk belajar, apa yang harus lo lakukan?

a.    Set goal dulu dalam belajar itu (apa yang kamu inginkan dari pelajaran atau materi itu, kemudian buat list goal tersebut)
b.    Yang dipelajari desekolah itu adalah konsep, nah, kamu harus mencari skill dari konsep itu.
c.    Istrihat kalau lagi belajar, kak iman menyebutnya sebagai metode podomoro, istirahat 5 menit setelah 25 menit belajar, penentuan waktu tersebut tergantung sama kamu, berapa menit belajar dan berapa menit istirahat, yang pastinya adalah waktu belajar lebih besar daripada waktu istirahat.
d.    Share after study (melalui youtube, les, bimbel, atau privat gratis, dll)
high thinking order (skill ini yang harus kamu kuasi saat mempelajari sesuatu)

    Pelajaran Ke-lima:Bagaimana kepercayaan diri itu terbentuk?

Kepercayaan diri itu terbentuk setelah melalui level-level atau tahap-tahap latihan, seperti contohnya skill public speaking, dilatih beberapa kali setelah kamu tampil dihadapan public, tampil didepan anak-anak desa kah, depan warga Rt, atau majelis umum pbb, yang penting adalah levelnya it terus meningkat.
optimis pada suatu hal itu harus diasah dengan berbagai level (just like a staircase)




1    6. Pilihan hidup

Pilihan hidup kak iman itu diceritakan tentang bagaimana dia harus memilih anatara mlanjutkan ruang guru atau menerima tawaran pekerjaan salah satu organisasi di new York. Kak iman mengaitkan ini dengan konsep ikigai, atau konsep alasan kamu hidup, dari konsep ini kita bisa mengevaluasi keadaan kita sekarang itu adalah alasan kita hidup atau tidak. Kira-kira seperti ini.

kalau kawan-kawan belum paham, boleh menonton video dibawah ini:

 7.  Legacy

Legacy menurut kak iman adalah apa yang ditinggalkan oleh kak iman saat dia meninggal, suatu yang bermanfaat untuk orang yang membuat orang mungkin mengingatnya, yaitu ruang guru. 

Sekarang coba evaluasi, kalau kita meninggal nanti, kira-kira, legacy apa yang bisa kita tinggalkan untuk masyarakat.



Pada halaman terakhirnya, kak iman juga menulis book index, jadi kawan-kawan bisa kembali lagi ke halaman spesifik jika ingin mengingat pelajarannya.










Comments

Popular Posts