1 MENIT MEMBACA BUKU KREATIV SAMPAI MATI KARYA WAHYU ADITKA
Lansung saja baca kesimpulan dibawah ini:
Kreativitas adalah memikirkan hal-hal yang baru, inovasi
adalah melakukan hal-hal yang baru (theodore levitt). Karya kreativ adalah
karya yang mengandung kita sendiri didalamnya. Ada dua musuh kreativitas yaitu sekolah,
dan otak kadal. Kawannya kreativitas juga ada dua, yaitu spontanitas dan
keterbatasan. Ada beberapa teknik berpikir kreatif, diantanya adalah berpikir
terbalik, dan rekam dan remix.
Nah, dibawah ini adalah bacaan optional, hanya elaborasi
dari kesimpulan diatas. (jadi kalau tidak mau dibaca, tidak apa-apa).
1.
Menurut sir ken robinson, sistem pendidikan itu
membunuh kreativitas. Contohnya adalah hierarki mata pelajaran (meskipun tidak
tertulis). Mata pelajaran sains dan bahasa lebih mendominasi mata pelajaran
sosial dan seni, jadi, orang yang merasa dirinya lebih passionate dalam
pelajaran seni, merasa kalau dia tidak diterima dalam instutisi pendidikan
sendiri, yang akhirnya membuat dirinya putus asa atau tidak dikenal.
2.
Berdasarkan hal ini, kreativitas tidak akan
muncul di sekolah. Karena musuh utama kreativitas adalah lingkungan yang tidak
menerima kita.
3.
Karya dari hasil kreativitas mengandung diri
kita sendiri, meskipun terlaksananya kreativitas itu sulit, namun saat sudah
terlaksana, kita akan semakin candu untuk menghasilkan karya dengan kreativitas
kita lagi ataupun memikirkan karya dengan elemen kita didalamanya (pikiran,
prinsip, nilai, dll).
4.
Banyak sekali teknik berpikir kreativ, salah
satunya adalah berpikir terbalik. Contohnya film twilight (saat orang-orang
berpikir kalau vampir itu menghisap darah, ngeri, dan tak bisa kena sinar
matahair, penulis twilight berpikir kebalikannya, edward itu tidak hisap darah,
tampan, dan bisa kena sinar matahri), akhirnya karya ini menghasilkan karya
kreativ yang tidak membuat candu penulis saja, tapi juga jutaan penduduk bumi.
5.
Teknik berpikir kreatif lainnya adalah dengan
cara meniru, pelajari proporsinya, dan kemudian modifikasi (cara rekam dan
remix). Karena pada dasarnya tidak ada karya yang orisinalitas di dunia ini.
6.
Spontanitas merupakan kawan dekatnya
kreativitas. Spontanitas muncul karena mood dan peristiwa yang menginspirasi. Contohnya,
si penulis pernah secara spontan menghasilkan ide kreatif berupa poster animasi
karena keputusasaannya terhadap apa yang terjadi dengan prita (dituntut oleh rumah
sakit, baca disini ), ide spontan ini muncul karena situasi dan karena pertanyaan “what if?”
atau “bagaimana kalau?”. Karena hakikatnya ide kreatif tidak muncul seperti
munculnya bulan purnama, tapi muncul karena stimulus-stimulus tadi. Poster prita tadi akhirnya menjadi viral di kalangan aktivis.
7.
Kawan dekat kreativitas lainnya adalah
keterbatasan. Contohnya adalah buku dr. Seus, buku yang berjumlah 50 kata
menjadi lebih best seller daripada buku dengan ratusan kata lainnya. Twitter dengan
limited kata menjadi lebih booming daripada blogger, atau situs blog lain.
Karya muridnya si penulis berupa film animasi yang
hanya menggunakan kapur, papan tulis, dan penghapus menjadi pemenang
mengalahkan karya animasi 3d di festival. Keterbatasan menciptakan kreativitas
yang belum pernah kita duga sebelumnya.
8.
Charles darwin mengatakan kalau kesendirian itu
adalah salah satu kunci dalam menemukan kreativitas. Makna dari point ini
adalah introvert itu sama levelnya dengan ektrovert, tidak ada yang lebih
unggul. Bahkan, orang yang pintar ngomong belum tentu dia memiliki ide yang
kreatif. Nabi muhammad sendiri bahkan adalah seorang introvert.
9.
Cara melatih kreativitas bisa dilakukan dengan
langkang-langkah berikut ini.
1.
Buatlah garis random, atau suruh buat coretan
sama kawan-kawanmu
2. Kemudian ubah garis itu ke sesuatu yang lebih rasional
10.
Otak kadalah adalah otak yang selalu menjadi
musuhnya kreativitas, si otak kadal biasanya ngomong sama kita seperti ini “bagaimana
nanti kalau kamu gagal, rugi dong perjuanganmu, mendingan cari yang
nyaman-nyaman aja lah, stress aja kalau yang susah-susah”
Comments
Post a Comment